5 Cara Bersantai Yang Berbahaya Bagi Tubuh

Dalam hidup kita butuh yang namanya rileks.. yow, nyantai bahasa gaulnya. refreshing, menyegarkan otak. recharge mood dari sekian banyaknya aktivitas yang kita lakukan. Beda orang, beda gaya santai *persepsi gue* . ada yang lebih suka sekedar jalan-jalan ke mall/tempat wisata, nonton bioskop, atau hanya sekedar membaca buku (tentu aja yang jenisnya untuk hiburan, ah tapi mungkin aja ada yang cara santainya dengan baca buku pelajaran :p)
Dari berbagai macam cara yang pada umumnya sering dilakukan oleh kebanyakan orang, ternyata ada cara bersantai yang justru membahayakan diri sendiri.

"Racun dalam takaran dosis". kira-kira itulah kalimat yang mungkin tepat dan berlaku pada lima cara bersantai beikut. Yang artinya, jika dilakukan secara berlebihan, acara santai-santai loe justru akan berdampak buruk bagi kesehatan dan kehidupan loe sob. Yow, dan inilah ke-5 tersangka Cara Santai yang Berbahaya itu..

1. NONTON TV

Banyak penelitian yang menemukan hubungan yang kuat antara menonton televisi dan obesitas. Salah satunya adalah penelitian dalam Journal of American Medical Association, untuk setiap dua jam menonton televisi, ada peningkatan risiko kegemukan sebesar 23 persen dan 14 persen peningkatan risiko diabetes.
Bukan hanya itu, makin lama menonton televisi, makin sering Anda melihat iklan makanan siap saji yang bisa meningkatkan nafsu makan. Jadi, jangan terlalu lama di depan televisi.
 
2. MINUM ALKOHOL
wah, kalo ini sih gue kaga pernah nyentuh dah. Haram. Alkohol bersifat adiktif, jadi jangan jadikan pelampiasan kecemasan, kemarahan atau untuk mengatasi stres. kalo loe mengatasi masalah dengan alkohol, yang ada malah bisa berisiko menambah masalah baru. Contoh kecil aja, loe minum alkohol, mabok, nyenggol orang, berantem, maen bacok2an deh, kalo gag loe yang mokad, ya loe yang dikejar2 polisi. yah, jadi sih jangan deh santai2 pake biginian.


3. MEROKOK GANJA


beuhhh, ini lagi gaswat. Beberapa penelitian memang menyebutkan kalau ganja memiliki manfaat kesehatan. Tetapi bahan aktif dalam ganja, yaitu THC, bisa merusak area otak tempat kenangan terbentuk. Penggunaan ganja secara teratur juga dapat berakibat hilangnya memori jangka pendek, masalah kepribadian, dan depresi. Reaksi buruk yang sangat umum adalah panik akut, kecemasan berlebihan dan justru sulit merasa santai. menurut gue sih gag kalah parahnye ama mabok2an sob. ckckc

4. MAKAN LARUT MALAM

Makan larut malam bisa disamakan dengan overdosis junk food. Ketika stres, lelah atau cemas, hormon kortisol mengirimkan sinyal ke otak loe untuk makan. Biasanya dalam kondisi tersebut, seseorang mencari makanan berlemak atau yang mengandung gula tinggi. Makan larut malam juga meningkatkan produksi insulin, hormon penyimpanan lemak, dan tubuh tidak akan membakar lemak waktu loe tidur. Jadi sebaiknya, cari cara bersantai lain, kalo gag pengen bobot tubuh loe meningkat tajam. wah, pantes aja gue (lumayan) ndut, sering makan malam rupanya.

5. VIDEO GAME

Bermain video game memang sangat seru. Apalagi buat yang udah maniak Tapi kalo terlalu sering bermain bisa memengaruhi otak untuk mengharapkan imbalan instan. Bahkan bisa membuat loe berharap semakin pendek waktu antara sebab dan akibat. Bukan hanya itu, otak pun jadi sulit berpikir perencanaan jangka panjang. Hayo hayo buat yang suka main game, mulai alihin dikit2 cara santainya.. :D

Nah, itu tuh 5 cara santai yang bakalan bahaya kalo dilakukan secara berlebay-an. Adakah cara santai favoritmu di antara kelimanya?! ^^

yow, semoga bermanfaat

Comments (3)

itu yang nomer 3 bikin ngakak aja...
wkwkwkwkwk

weeww... kok malah ngakak..?? =.='a

nomor 5 kebiasaanku ehehehe :D

Posting Komentar