Berjuta Rasanya [ Novel Tere Liye ]



akhirnya selesai baca novel ini. novel abang Tere ke-9 yang saia baca (dan novel abang Tere ke-7 yang saia punya). masih banyak lagi yang belum saia baca (dan belum punya juga). kalo ada yang mau beliin novel2 abang Tere yang lainnya, kalo cewek nanti saia jadiin sodara, klo cowok saia jadiin pacar. ada yang minat? *kemudian di "huuuu" in sama yang baca ini* -___-
sedikit intermezzo yang kriuk. harap maklum soalnya pak SBY tuh suka makan kerupuk *woii gak ada hubungannya woiii*
jadi setelah saia baca, rasa2nya saia ingin berbagi dengan anda. Berjuta rasanya ini adalah kumpulan-kumpulan cerita pendek, cerpen fiksi. beberapa di antaranya ditulis ulang terinspirasi dari cerita lain yang telah ada. contohnya cerpen yang berjudul Harga Sebuah Pertemuan, saia pernah denger/baca beberapa kali (tapi entah dimana dan apa sumbernya, saia lupa). tapi bang Tere menulisnya dengan cara yang berbeda. ya, saia gak nyadar juga kalo ternyata saia pernah baca cerita macam gini sampe beberapa paragraf sebelum ending cerita. dan ketika di akhir cerita, barulah saya ber-oh ria.. "oooohhh, iya iya cerita yang kayak gini gue udah pernah tau." <- kira2 kayak gini ber-oh ria nya.. :3
total ada 15 cerpen dalam buku ini. yang paling saia suka tuh yang judulnya "kupu-kupu monarch", "kutukan kecantikan miss x", "kutukan kecantikan miss x-2", "pandangan pertama zalaiva"
apakah cinta sejati itu? apakah ia sebentuk perasaan yang tidak bisa dibagi lagi? apakah ia sejenis kata akhir sebuah perasaan? tidak akan bercabang? tidak akan membelah diri lagi? titik? penghabisan? bukankah lazim seseorang jatuh cinta lagi padahal sebelumnya sudah berjuta kali bilang ke pasangan-pasangan lamanya, "ia adalah cinta sejatiku!"
sedikit kutipan dari kupu-kupu monarch. jadi di sebuah kota dalam cerpen ini, setiap setahun sekali ada yang namanya hari monarch, hari di mana seluruh penduduk kota meyakini jiwa yang pergi akan kembali (maksudnya tuh orang2 yang udah meninggal gitu semacam kembali lagi ke kota itu, sekedar berkunjung). jadi di hari itu ada banyak sekali kupu-kupu berwarna kuning yang disebut monarch. nah jadi ada legendanya, kenapa bisa ada hari monarch.
pada zaman dahulu kala, ada seorang petani miskin yang menikahi wanita cantik. padahal itu wanita nya banyak yang naksir, malah yang naksir itu kaya-kaya, tapi dia lebih memilih Fram si petani miskin itu. kenapa? ya karena cinta. akhirnya menikahlah mereka. awalnya bahagia-bahagia aja walaupun hidup mereka amat sangat sederhana dan seadanya, tapi karena "cinta" itu tadi bawaannya tuh seneng aja lah ya.
sampai di suatu musim, mereka diuji. musim dingin berkepanjangan, stok makanan yang kian lama kian menipis, seluruh kota tertutup salju, sampai ada penyakit aneh yang menyerang para penduduk. dan Fram, salah satu yang terkena penyakit itu. nah, di sinilah sang istri membuktikan kesetiaan dan cinta nya. sampe Fram sekarat dan nyaris meninggal, obat penyakit itu cuma satu, yaitu daging. tapi mau dapat daging di mana coba, sedangkan musim dingin aja udah lama banget ga selesai-selesai, jangankan daging, stok umbi-umbian mereka aja udah habis gak bersisa, danau beku ikannya entah pada lari ke mana. dan malam itulah, malam di saat Fram hampir kehilangan nyawanya oleh penyakit aneh itu, tiba-tiba istrinya ngeliat ada burung belibis, dikejarlah burung itu dan ditangkapnya. tapi celakanya, si istri itu gak tau kalo itu bukan sembarang belibis. itu adalah jelmaan dewa dewi yang sedang turun ke bumi (tapi di saat yang gak tepat)
akhirnya, Fram sang suami sembuh, musim kembali seperti sedia kala. mereka pun kembali hidup bahagia, bahkan sampai si istrinya Fram ini hamil, anak pertama mereka, semakin bahagia kan, seharusnya. tapi di sinilah ujian cinta yang sebenarnya itu. takdir langit mempertemukan Fram oleh seorang wanita yang ternyata jelmaan dari pasangan belibis yang dulu ditangkap istrinya. dan jatuh cintalah Fram pada wanita itu. padahal istrinya udah hamil tua dan kakinya pincang tapi Fram malah gak pulang-pulang *sudah macam bang toyib saja Fram ini* oh iya, kaki istri Fram ini pincang, dia bilang ke Fram, waktu malam-malam si Fram sekarat, kan dia bawa Fram untuk diobati gitu tapi di jalan dia ketiban pohom tumbang, trus akhirnya dia potong kakinya karena lukanya membusuk.
karena Fram gak pulang-pulang, suatu pagi sang istri mencari lah di mana si Fram. kasihannya, dia malah menemukan suaminya itu lagi berdua-duaan sama sang wanita jelmaan burung belibis, setengah dewi. trus si Fram ini malah macam malin kundang seakan gak kenal sama istrinya, malah dia usir-usir istrinya itu. dia lebih memilih wanita belibis itu. sampai akhirnya datanglah dewa lainnya. ngasih penjelasan ke istri Fram tentang siapa sebenarnya wanita itu (soalnya tuh blum ada yang tau klo wanita cantik itu dewi jelmaan burung belibis). dan karena kedua wanita itu meminta keadilan langit, maka keputusan siapa yang dipilih ada di tangan Fram. dan karena wanita belibis itu setengah dewi, maka biar adil sang dewa ngasih 3 permintaan ke istri Fram untuk menghilangkan kelebihan sang dewi/menambah kekurangan dirinya. permintaan pertama, sang istri minta semua sihir yang ada di wanita itu hilang. jadilah wanita itu seperti manusia biasa, tapi Fram tetap milih wanita belibis itu. permintaan kedua, menghilangkan semua sihir yang mempengaruhi Fram. tapi tetep aja, walau tanpa sihir apapun Fram terlanjur jatuh cinta pada wanita belibis itu. permintaan terakhirnya, sang istri pengen dewa nunjukin ke Fram tentang bayangan kebahagiaan mereka nanti kalo mereka punya anak, janji masa depan yang bahagia. dan sekali lagi, tapi Fram tetap memilih wanita belibis tersebut. maka tinggallah sang istri merana.
lalu dengan penuh kasihan, sang dewa bertanya, kenapa permintaan terakhirnya tentang janji kehidupan masa depan? kenapa gak tentang kejadian "malam itu". ya. jadi tuh sebenernya waktu malam di mana Fram sekarat dan sang istri nangkap burung belibis, ketika mau dipotong tuh burung, si istri Fram ini ngerasa kasihan, pasti burung ini punya pasangan, sama kayak dia. maka dilepaslah burung itu, tapi emang sial, itu burung nyangkut di dahan sampai mati tapi pasangannya, si belibis betina, gak tau tentang ini. trus, kenapa Fram bisa selamat? karena sang istri motong kaki nya sendiri buat dia kasih ke Fram. jadi yang dia bilang kakinya dipotong gegara luke ketiban pohon itu dusta. ya, saking cinta nya, saat itu bahkan kalau dia harus ngasih jantungnya, maka dikasihlah itu jantung buat Fram.
masih sambil merana si istri menjawab pertanyaan dewa, bahwasanya dia gak mau Fram tau karena dia gak mau Fram memilih dia karena merasa berhutang budi.
begitulah kisahnya. pengorbanan dan pembuktian cinta sejati. jadi setelah itu gak ada yang tau Fram pergi ke mana, istrinya yang lagi hamil tua itu juga, menghilang. tapi beberapa tahun kemudian, datanglah 2 ekor kupu-kupu kuning, satu besar, satu lagi kecil, anak kupu-kupu yang besar. penduduk pun menganggap kalo kupu-kupu itu lah istri Fram bersama anaknya. tiap tahun kupu-kupu itu kembali lagi dengan jumlah yang berlipat. begitu terus setiap tahun. kupu-kupu itu pasti datang.

hohoho.. kalo saia yang cerita mah gak enak, mending baca langsung aja gih novelnya. oh iya, itu mah cerita legendanya doank, cerita sebenernya tuh ada tokoh "aku" nya di cerpen kupu-kupu monarch. silahkan cari buku nya di toko buku kesayangan Anda :p

kalo cerpen yang saia rada gak ngerti sama ceritanya tuh "kotak-kotak kehidupan Andrei", "lily dan tiga pria itu". rencananya besok-besok mau saia baca ulang, lebih perlahan. mungkin jadi bisa paham.
hm hm.. buat kamu yang kebetulan udah baca dan ngerti, ayo ayo berbagi ke saia, ehehehe...

okesip.. udah sih cuma mau ngepost gini aja. tadinya mau nyoba bikin resensi, tapi malah jadinya gini /orz
jadi, semua cerita cinta di sini dikemas secara "Tere Liye banget". banyak pelajaran dan pemahaman baik tentang cinta yang bisa kamu petik.
makasih yah yang udah iseng-iseng baca post ini... hayyuuk yang masih berminat jadi sodara ato jadi pacar saia, masih ditunggu kiriman novel-novel Tere Liye nya *kemudian disambitin kacang kulit* :p

yup... sampai jumpa lagi.. bubye~

_____________________________________________________
bonus, beberapa kutipan yang saia suka dai novel ini...
♥ seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. tetapi seseorang yang mencintaimu karena hati, maka ia tidak akan pernah pergi! karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk.
♥ orang-orang yang jatuh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri. ia tak kuasa lagi membedakan mana yang benar-benar nyata, mana yang hasil kreasi hatinya yang sedang memendam rindu. kejadian-kejadian kecil, cukup sudah untuk membuatnya senang. merasa seolah-olah itu kabar baik. padahal saat ia tahu kalau itu hanya bualan perasaannya, maka saat itulah hatinya akan hancur berkeping-keping. patah hati! menuduh seseorang itu mempermainkan dirinya. lah, siapa yang mempermainkan siapa, coba?
♥ rasa sakit hati itu indah. setidaknya patah hati memberikan sensasi bahwa kita memang masih hidup. lagipula siapa bilang ditolak cinta itu tidak indah? itu indah, bung! pikirkanlah dari sudut yang berbeda.
Tahukah, sayang. Jika kau melempar sebutir telur dari atas awan, saat jatuh menimpa tanah, sedikit pun telur itu takkan retak sepanjang kau punya sesuatu! Dan tahukah kau apakah sesuatu itu? Sesuatu itu adalah cinta. Ya, cinta itu seperti burung. Ia akan membawamu terbang kemana saja. Membuatmu bisa memandang seluruh isi dengan suka cita, bahkan terkadang kau merasa seluruh dunia ini hanya milikmu seorang. Ya, cinta seperti musik, tetapi cinta sejati akan membuatmu selalu tetap menari meskipun musiknya telah lama berhenti. Ya, cinta seperti hantu. Semua orang membicarakannya, tetapi sedikit sekali yang benar-benar pernah melihatnya. Ya. Cinta sejati memang seperti air sungai, sejuk menyenangkan, dan terus mengalir. Mengalir terus ke hilir tidak pernah berhenti. Semakin lama semakin besar karena semakin lama semakin banyak anak sungai yang bertemu. Begitu juga cinta, semakin lama mengalir semakin besar batang perasaannya.
♥ cinta sejati adalah perjalanan, sayang. cinta sejati tak pernah memiliki tujuan.
♥ kau akan tahu ketika ia datang. tahu begitu saja. cinta sejati selalu datang pada saat yang tepat, waktu yang tepat, dan tempat yang tepat. ia tidak pernah tersesat.

dan masih banyak lagi yang lainnya, tapi capek ngetiknya.. ["-__-]

Comments (2)

Yoooo... cyiiiiiin. Vai di sini~~ :D
Lama tak bersua ye. Apa kabar Kanata Hongo-nya? hehehehehehe

Btw, situ kayakx suka bgt ama karya2 Tere Liye. Ane blom pernah baca bukunya satu pun nih. Orz... =,,="
Paling klo novelis Indo, ane demenx baru Ilana Tan ama A.Fuadi sih. hahahaha...

Tapi ini kayakx bisa jadi target bacaan ane selanjutx. Makasih deh cyiiin dah ngerekomenin. :3

yukk cek Zapplerepair di google ...
Zapplerepair Apple dan Smarphone specialist
telp: 087788855868
website: http://indonesia.zapplerepair.com/
DEMAK KENDAL SEMARANG UNGARAN

Posting Komentar